PENDADARAN??? Siapa takut..

Beberapa bulan ini adalah musim pendadaran buat kami (Rekam Medis UGM angkatan 2008-red)
Ada banyak kisah dari musim ini.. Ada yg takut, ada yg deg2an dan NGGAK ADA yg staycool menghadapi pendadaran.. haha
Sebenernya si nggak serem2 amat kok pendadaran tu.. Cuma karena kita belum pernah jadi ya tampak serem..
Apalagi mendengar cerita dari kakak tingkat atau melihat pendadaran orang lain.. Itu tampak berlipat2 lebih menyeramkan dibanding menjalaninya sendiri..

Sedikit sharing tentang pengalaman pendadaran kemarin
1. Cepet slesaikan laporan/si sri/TA/skripsweet/what ever lah sebutannya karena se-perfect apapun yg kita buat pasti akan kena revisi.. kecuali yg super duper bejo.. bisa lulus tanpa revisi..
2. Just be nekat buat daftar pendadaran
3. Berdoa banyak2 biar dapet dosen penguji yg baik hati dan tidak sombong
4. Selagi nunggu kabar kepastian pendadaran siapin slide presentasi yg oke
ingat!!! powerpoint berarti point2nya aja.. jangan sekali2 membuat slide yg penuh dengan kalimat dan bagian penting yg harus ada adalah judul, latar belakang, tujuan, rumusan masalah/hipotesis, landasan teori, kerangka konsep, metode penelitian, hasil, kesimpulan dan saran
5. Slide udah oke sekarang mulai belajar lagi tentang isi dari laporan.. kalau bisa cari kesalahan atau celah yg mungkin akan ditanyakan oleh penguji.. Kalau perlu berdayakan teman2 anda untuk membaca laporan anda dan mencari salahnya
6. Latian presentasi.. Ini sangat penting buat ynag nggak terbiasa ngomong di depan… bisa2 pas hari H jd speechless ntar klo nggak latian
7. Pas udah tau pengujinya sapa, inget2 lagi karakter pengujinya.. kalau bisa sering2 liat pendadaran biar tau
8. Woro2 dan minta doa restu ke semuanya.. ajak temen sebanyak2nya buat kasi support pas pendadaran <–optional
9. Nah sehari sebelum hari H ni yg repot.. Pasti deg2annya amat sangat parah.. Untuk ini blm menemukan ramuan yang pas
10. Siapkan semua yang perlu di bawa waktu pendadaran.. baju, sepatu, laptop, buku referensi, TISU <– jaga2 kalau nangis..haha
11. Berangkat jangan mepet2 jam.. Beri waktu untuk siap2..
12. Jangan lupa konfirmasi lg ke dosen penguji
13. Berdoa
14. It's show time.. Be confident

Yang perlu diingat dari semuanya adalah "katakan apa yang ada di laporan.. jangan mengada-ada.. Dan laporan tu yg buat anda jadi anda yg lebih tau isinya daripada dosen.. So jangan takut saat ditanya karena jika anda tau apa yg anda tulis anda pasti selamat"

Akhir kata selamat menempuh pendadaran..😀 Semoga sukses

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: