perjuangan

wow bgt ketika aku akhirnya bisa bekerja ditempat ini..
Tempat yang sudah ku impikan sejak aq mulai mengerti apa itu rekam medis..
Teringat lagi setiap perjuangan yang tlah aq lalui

Ketika aq terlalu semangat 45 untuk daftar di RS Bethesda
Awalnya adalah sebuah kebetulan ada kakak tingkat yang menawariku kerja di sini
Semangat semakin memuncak saat tugas akhir sudah beres
Tanpa pikir lama langsung deh ngeprint surat lamaran n CV yang emang udah dipersiapkan sejak beberap waktu sebelumnya
Besoknya langsung janjian buat ketemu mbak marga masukin lamaran di rumah sakit Bethesda
Setelah dicek lengkapnya langsung deh aq nitip ke marga dan pulang

Hari demi hari berganti dan 8 hari kemudian tanggal 25 juni 2011 sms dari mbak marga masuk
:: dek surat lamaranmu salah ::
aq yang masih tenang bales
:: yg mananya mbak? nanti aq benerin ::
mbak marga
:: kok buat pantirapih nulisnya::
jedeeeeeerrr
Sumprit kayak disamber petir aq baca sms itu
“pikiran burukq aq udah pasrah klo g diterima gara2 salah nulis”
Akhirnya aq telepon Mbak Marga dan dia bilang klo suratnya dikembaliin sama Pak Ibnu
nah disini aq antara malu tapi juga masih punya sedikit harapan
suratku dikembaliin dan suruh memperbaiki
Klo emang udah nggak diterima kan ngapain dibalikin.. Tinggal bilang aja maaf udah nggak sesuai yang kami cari
Trus bsknya jam 1 aq suruh ke RS lagi ketemu Mbak Marga ngasih pembetulannya
Akhirnya malamnya aq ngeprint lagi surat yg baru dan kali ini kupastikan nggak salah lg
Besoknya surat itu ku antar lagi ke RS.. Walaupun malu tapi aq tetap berharap masih dimaafkan dan nggak diblacklist😀

Menanti dan menanti.. Beberapa hari kemudian, tepatnya tanggal 1 Juli 2011 ada sms mamsuk dari Mbak Marga.. Isinya aq suruh ke RS hari senin untuk tes..
Waktu itu aq sempat panik.. Bukan karena takut tesnya tapi takut nggak bisa ikut tes karena waktu itu aq udah hampir seminggu terkapar sakit..
Akhirnya tiap hari aq hanya berdoa memohon kesembuhan.. Sampai hari minggu badan masih belum beres tapi udah lumayan bisa bangun dari tempat tidur..
Saat itu aq sempat berpikir mungkin besok aq akan menjalani psikotest atau disuruh mengkoding penyakit.. Otakq pengen belajar tapi badan nggak bisa diajak kompromi.. Akhirnya hanya pasrah berdoa semoga besok bisa mengerjakan apa pun tesnya..

Hari senin tgl 4 Juli 2011
Mukjizat terjadi di senin pagi.. Aq bangun dengan sehat..😀
Dengan tenaga yang ada aq mencoba sedikit belajar
Jam 12 berangkat ke RS diantar adek.. Seperti biasa sampai di RS terlalu gasik
Jam 1 akhirnya dipanggil untuk tes dan taraaaaa….. Ternyata lawan saya 3 pegawai magang di RS itu yang dua sih udah kenal cz kakak tingkat (Mbak Tere sama Mbak Cipret)
Tesnya disuruh ngerjain 50 soal dan berhubung udah dioyak2 suruh cepet slesae sama pak ibnu jadi aq ngerjainnya cuma 20 menit
Ternyata tesnya nggak cuma itu.. masih ada coding tapi berhubung pada nggak bawa ICD jadinya codingnya ditunda besok

Malamnya dengan sisa tenaga mencoba kembali mengingat cara ngoding yang baik dan benar
besoknya dengan tas berisikan Kitab Rekmed (ICD) berangkat deh ke RS
Dan lagi2 kegasiken datengnya
hampir 1/2 2 baru dipanggil buat tes
Wuiiihhhh mantep bgt tesnya.. ngoding tulisan nyiprit dari dokter2 Bethesda
Sepanjang tes cuma pasrah.. klo lolos ya alhamdulilah nek g yo usaha cari kerja lagi😀
Nggak cuma suruh ngoding ternyata
Setelah ngoding selesai kita disuruh mengetik artikel b.ing dari HIM yang ada sertifikat kematiannya
Disuruh ngetik harus sama persis
Awalnya sih santae aja klo cuma suruh bikin kayak gitu tapi ternyata komputer disana nggak ada MS Wordnya.. Adanya cuma Open Office.. Agak puyeng saya mengoperasikan Open office.. Secara nggak pernah pakai itu.. Tapi untung saya punya ide buat bikin kotak2nya biar pesis.. Saat yang lain sibuk ngutek2 tabel saya asyik menggambar kotaknya.. haha
Dan hasilnya hanya saya yang bisa persis kayak yang di soal
Jam 4 kurang baru keluar dari RS dan berhubung udah jam segitu jadi mau nggak mau harus pulang sendiri naek trans jogja
Sebenernya udah menduga bakal berjam2 baru nyampe rumah tapi ya mau gimana lagi.. Satu2nya transpot murah dari sana cuma trans jogja.. Badan yang mulae nggak oke lagi menambah penderitaan selama perjalanan pulang.. nunggu bis 3A di depan Hotel garuda rasanya udah mau pingsan dan di bis yang super duper berjubel itu aq hanya berdoa semoga nggak pingsan dijalan.. Akhirnya sampe juga di selter punokawan dan dijamput bapak.. Sampe rumah udah lemes nggak karuan

Dan hari demi hari berganti.. menunggu dan berharap yang terbaik

Sebelum touring KKN aq sempat bertanya ke mbak marga.. kapan pengumuman tapi jawabannya katanya minggu depan..
Sampai tanggal 23 Juli 2011 masih belum ada kepastian dari Bethesda.. Dan pagi itu aq ditelpon sama temenku dan dari pembicaraan kami ditelepon aq jd ngerti klo Panti rapih buka lowongan.. walaupun dari sumber yg agak meragukan tapi aq jd galau.. pengen bgt masukin lamaran ke sana..huhuhu
Akhirnya aq tanya lg sama mbak cipret kapan pengumumannya.. dan hasilnya adalah “sabar dek.. baru diproses katanya”
Lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
Seharian itu saya menggalau.. bingung mau gimana
kegalauan berlanjut hingga satu minggu kemudian.. dan saat aq bener2 pengen mendafatar ke Panti Rapih aq sempatkan memastikan lowongan ke mbak Tyas yg kerja di Panti Rapih. Mbak tyas bilang klo PR jogja lg nggak buka lowongan dan malah barusan ada penyusutan.. Aq disuruh daftar ke Elisabeth ganjuran sama mbak tyas.. Dan itu membuat aq kembali bingung.. antara pengen tapi kok jauh dari rumah…
Beberapa hari kemudian aq ketemu sama temenku dan dia bilang ternyata yg buka lowongan itu PR cabang wonosari.. hoho
Trus berhubung masih galau dengan Ganjuran itu aq tanya lg sama mbah cipret.. dia bilang bahwa dapet kabar burung klo hasilnya baek semua..
Ntah apa maksudnya tp itu membuatq untuk memutuskan kembali menanti panggilan dari Bethesda
Selama menanti aq berusaha mencari kesibukan baru dengan membuat kerajinan flanel.. lumayan lah membuatku tak terlalu pusing memikirkan panggilan..😀

Tgl 6 agustus jam 12an mbak cipret mention aq tanya udah dapet surat cinta blm.. HUaaaaaaaaaa galau abis.. aq belum dapet.. apakah aq nggak dapet atau belum dapet???
Sampai hari senin 8 agustus surat itu juga nggak kunjung datang.. padahal udah seharian aq menunggu dengan harap2 cemas.. Malamnya aq benar2 sedih dan perasaanq nggak enak bgt.. Pasrah lah.. klo emang bukan jodoh ya sudah..😦
dan besoknya surat itu juga tak datang.. berarti memang saya nggak diterima

Tgl 9 saya mencari2 info lowongan kerja dan tiba2 ada postingan lowongan kerja di RS Citama
searching dulu RS citama tu mana dan ternyata di bogor..
iseng saya kirim Cv saya.. dan eng ing eng… bsk siangnya udah di telp suruh interview secepatnya
Galau mendadak (lagi)
Mau naik apa, sama siapa, disana kayak apa dan duitnya berapa??
hosh hosh.. akhirnya telepon Om Priyadi yg di bogor tanya2 ttg tu RS
dan untunglah ditawari kesana mau dianter
sekarang aq udah mantep buat nyoba interview disana dan tinggal restu ortu yg belum 100%

Tgl 14 agustus 2011 berangkatlah saya ke Bogor dengan harapan mendapat gaji yg bisa digunakan untuk hidup sehari2.. berangkat sendiri dari jogja untuk pertama kalinya.. takut dan deg2an campur aduk jd satu.. >.<
Tgl 15 agustus 2011 sampe sana dan sorenya mencari rumah sakit itu.. kesan pertama setelah nemu adalah wow bgt.. rumah sakitnya gede dan masih baru.. Yakin diterima ini mah tp gajinya berapa????
tgl 16 agustus 2011 interview beneran.. tapi begitu masuk ke rumah sakitnya kok tiba2 ilfeel ya.. @.@
Isinya cuma mbk2 mahasiswa gitu.. dan sepi bgt hampir nggak ada pasien.. Menuju ke pendaftaran buat nyari bu erina.. Ehhhh bukannya ketemu sama bu erina tp malah disuruh ngisi formulir yg isinya semacam CV gitu..
Dan itu membuatku semakin ilfeel..wawancara jg bukan sama bu erina tp malah sama bu manda..
Ternyata disana cuma disuruh bikin laporan dan ibunya menurutku nggak mudeng sama sekali ttg rekam medis jd ya sotoy gitu dech ibunya dan itu bikin sebel..
Mana ada rekam medis kagak ngoding dan mana ada ngitung BOR kagak pake jumlah tempat tidur.. njelei bgt lah interviewnya.. udah gitu cuma mau digaji 800rb.. WTF.. bisa buat apa disono uang segitu.. Sebel bgt lah pokoknya sama tu RS..
Tgl 17 Agustus 2011 pulang dech ke jogja tercinta
Cari kerja sini dulu aja dech ya 🙂

Sehari2 ngerjain flanel.. Lumayan sih masih bisa jajan pake tu uang hasil flanel🙂
Dan sekarang sedang mencoba bikin usaha kue..
Oven udah dibeli, alat juga udah lumayan lah klo buat pemula tapi ternyata bikin cookies itu susah bgt.. huft😦
tp baru percobaan pertama sih.. semoga bisa sukses buat yg kedua besok..🙂

Sembari menanti wisuda yang masih lama datangnya aq masih tetap berjuang mengantarkan lamaran ataupun email2in lamaran.. RS Betesdha Lempuyangwangi, RS Royal Taruma, RS Panti Rapih dan banyak RS lain yg aq lupa namanya.. Pokoknya asal ada website rumah sakit trus kyknya oke dan ada emailnya aq kirim deh lamarannya.. haha

Suatu hari pas perjalanan mau piknik di bulan desember, tiba2 ada telepon dari RS Royal Taruma suruh tes..
Rada bingung sih sebener e cz aq lupa klo pernah ngirim disana.. Akhirnya aq berniat buat dateng ke sana.. Berhubung nggak ada sodara dan tu tempat jauh di jakarta jd aq cari2 tumpangan dulu ke temen2 yang udah lebih dulu di jakarta.. Nah pas sms sari, temen yg di depok diksh tau klo wawan udah pernah tes disana.. aq langsung sms wawn dengan niat utama tny tesnya gimana dan knp dia nggak kerja disana.. Eh ternyata dapet cerita macem2 yang intinya membuatku nggak jd pengen berangkat.. akhirnya nggak berangkat deh.. hehe

Rabu tgl 4 Januari 2012.. setelah 3 bulan lamaranku masuk akhirnya ada telpon jg dr Panti Rapih..
Berasa terbang pas abis ditelpon.. haha Seneng buanget.. FYI Panti Rapih memang salah satu tempat impian saya untuk bekerja.. Langsung deh sms mbk wina tanya2 tesnya gimana.. Sorenya aq telpon mbk wina dan mendapat banyak wejangan ttg tesnya.. tengso yak mbk wina :))
Besoknya pagi2 jam 7 udah nyampe RS padahal jam 8 baru tes.. haha saking semangatnya soalnya
Tes pertama tertulis.. Ada pengetahuan umum, religiusitas, bhs. inggris.. Trus kita diajak muter2 rekam medisnya sana.. Oh ya aq nggak sendirian lho.. yg rekmed ada lg mas2 dari mitra husada sama yg 2 lg perawat..
Setelah muter2 diberi soal lg ttg rekam medis.. ada pengetahuan dasar, ngitung BOR, LOS, TOI, trus ngoding..
Abis itu tes komputer (mengetik) trus wawancara.. nah wawancara ini sama Pak Markus, kepala RM PR.. Santai bgt wawancaranya.. menyenangkan😀
Trus pulang deh
Seminggu kemudian ditelpon lg.. masih berasa pengen terbang.. haha
Kali ini musti psikotes di sadhar..
Pagi2 dia anter bapak ke sadhar paingan.. Tes dimulai jam 8 teng sampe jam 3 sore tanpa jeda sama sekali.. amazing bukan.. sampe mabok rasanya

Pas menanti hasilnya ini aq sempet kerja di RS jogja.. kisahnya bisa dilihat di sini
Dan abis itu galau gara2 dikabari klo mbk2 yang perawat gigi udah tes kesehatan.. OMG galau pisan euy..
Trus belum abis kegalauan itu dapet kabar lg klo yg di butuhin itu cowok dan yg masuk itu anaknya pas sis..
Rasanya emosi jiwa pas itu.. klo dari awal emang cowok kenapa aq dipanggil? aq kan jelas2 cewek
Setelah SKL jadi, tepatnya 1 bulan setelah psikotes aq ke Panti Rapih lg.. Niatnya mau tanya kelanjutan nasib tapi berhubung nggak etis klo tanya langsung jd ya basa basi gitu deh.. haha
Trus jawabannya gini : “oh mbaknya udah lulus sekarang? kmren blm diakui mbk D3nya soalnya blm lulus”
Fiuuhhh jd sedikit tenang gara2 ada alesan yg logis..

Lusanya aq bikin 2 lamaran.. ke panti rini n elisabeth dan hari yang sama itu aq masukin lamarannya..
Kali ini nggak sampe lusa lg.. besoknya sore2 jam 5 lebih udah di telpon dari Elisabeth suruh tes hari sabtu.. Kali ini nggak pengen terbang tp syok.. baru kmren dimasukin udah dipanggil besoknya.. amazing.. hoho

Hari Sabtu pagi2 buta melakukan perjalanan ke selatan demi tes tertulis.. Dan lagi2 berasa dejavu bgt ngerjain tesnya.. Soalnya sama plek kyk yg pas Panti Rapih.. hoho

Hari senin tgl 20 Februari pas mau gladi bersih *untung blm mulai gladi bersihnya* dapet telepon dr panti rapih suruh ambil surat tugas.. wow.. keren sekali sodara2.. haha

Slasanya pas mau pulang abis wisudaan ditelpon sama pak Hary Panti Rini..

Akhirnya Rabu ke Panti Rapih dan ditanya gaji.. Kyk kesamber petir deh rasanya.. kaget sangat.. hoho
Abis tawar2an gaji *lebih tepatnya aq dihabisi sama kepala personalianya* hoho besoknya tes kesehatan..

Seninnya disuruh datang ke personalia lg.. tak pikir ambil surat lg tp ternyata udah orientasi..😀
Sedikit nggak percaya sama semua ini.. akhirnya setelah perjuangan panjang bisa jg kerja di tempat yang aq pengen..

Sekarang udah seminggu aq kerja.. sejauh ini masih aman dan menyenangkan..😀

Makasih buat semua pihak yang udah mengisi catatan perjuangan ini..😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: